AIR SUSU IBU

AIR SUSU IBU

AIR SUSU IBU

(bagian kedua)

Posisi dan Teknik Menyusui

     Ibu butuh seseorang yang dapat membimbingnya dalam merawat bayi termasuk dalam menyusui. Orang yang dalam kehidupannya atau yang disegani, seperti suami, keluarga, kerabat terdekat, atau kelompok ibu-ibu pendukung ASI dan dokter atau tenaga kesehatan.

Ada berbagai macam posisi menyusui, yang biasa dilakukan adalah dengan duduk. Ada posisi khusus yang berkaitan dengan situasi tertentu seperti menyusui bayi kembar dilakukan dengan cara seperti memegang bola (football posistion), dimana kedua bayi disusui bersamaan kiri dan kanan. Pada ASI yang memancar (penuh), bayi ditengkurapkan diatas dada ibu, tangan ibu sedikit menahan kepala bayi, dengan posisi ini maka bayi tidak akan tersedak.

Beberapa posisi menyusui yang sering digunakan:

  1. Cross Craddle Hold

Ini merupakan posisi yang ideal pada awal menyusui. Bayi dipegang dengan tangan yang berlawanan dengan sisi payudara yang akan digunakan. Sangga kepala dan badan bayi dengan lengan bawah dan telapak tangan. Tangan lain digunakan untuk menjaga agar payudara tidak menghalangi jalan nafas.

Posisi Cross Craddle Hold

 

  1. 2.         Craddle hold

Posisi ini mirip dengan posisi Cross Craddle Hold, hanya pada posisi ini bayi dipegang dengan tangan yang sama dengan sisi payudara. Posisi ini dilakukan dalam keadaan duduk di kursi yang memiliki sandaran lengan.

 

 

Posisi Craddle Hold

 

  1. 3.         Football Hold

Posisi ini merupakan pilihan yang baik jika ibu melahirkan melalui operasi sesar atau ibu memiliki anak kembar. Posisi siku ibu ditekuk, kepala bayi ditopang dengan tangan, punggung bayi diletakkan di volar lengan bawah ibu.

Posisi Football Hold

 

  1. 4.         Side Lying Hold

Ibu ada dalam posisi berbaring menyamping, wajah bayi dihadapkan pada payudara ibu, satu tangan ibu menopang posisi bayi. Merupakan pilihan yang baik bila ibu melahirkan dengan operasi sesar yang belum membolehkan ibu untuk duduk, atau jika ibu sedang kelelahan.

Posisi Side Lying Hold

468 ad

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Terkait Lainnyaclose